Saturday, 2 January 2010

Meraih Kelezatan Iman


Rasulullah SAW telah bersabda "Akan merasakan manisnya iman, orang ridha Allah SWT sebagai Tuhan-Nya, Islam sebagai Agama-Nya dan Muhammad sebagai Rasul-Nya"(HR.Muslim) Allah SWT telah memberikan berbagai kenikmatan-Nya kepada kita yang begitu banyak sehingga kita pun tak akan mampu untuk menghitungnya. Dan nikmat yang terbesar adalah nikmat Iman. Kita patut bersyukur kepada Allah karena kita termasuk orang-orang yang dianugrahi nikmat tersebut. Namun,pernah kita merasakan manis nya Iman ????? Lalu, bagaimana caranya kita bisa merasakan manisnya iman ?

Ada 3 kiat yang bisa kita lakukan agar dapat merasakan manis dan lezatnya keImanan :

Pertama, Ridha kepada Allah SWT sebagai Tuhan. Ridha artinya merasa puas dengan apa yang ada sehingga tidak mencari yang selain-Nya. Jika kita ridha Allah sebagi Tuhan, maka cukuplah Allah yang kita sembah dan kita ibadahi, cukuplah Dia satu-satu-Nya dzat yang menolong kita, dan tidak perlu kita mencari tandingan selain Allah. Laa Ilaaha Illallah. Meyakini Allah di dasari dengan Ilmu sehingga membawa kita kepada Tauhid yang Murni. Allah SWT berfirman " Maka Ketauhilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Allah. Dan mohon ampunlah atas dosamu dan (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. dan Allah mengetahui tempat usaha dan tempat tingggalmu". (QS. Muhammad 47:19) Dan melaksanakan perinntah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dengan menyakini bahwa semuaperintah dan larangan Allah tersebut membawa hikmah kebaikan kepada kita. Allah SWT berfirman : " Sesungguhnya ALlah menyuruh kamu berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan DIa melarang perbuatan keji, kemungkaran,dan permusuhan. DIA memberi pengajaran kepada kamu agar kamu dapat mengambil pelajaran".(QS.An-Nahl 16:90) Dan menerima semua ketentuan (takdir) dari Allah yang dibuktikan dgn bersyukur dan bersabar. JIka Ikhtiar kita sesuai dengan ketentuan Allah makan terimalah dgn syukur, dan jika ikhtiar tidak sesuai dgn ketentuan-Nya maka terimalah dgn sabar. Sebab, smua ketentuan Allah adalah yang terbaik untuk kita. firman Allah " Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kalian tidak menyukai sesuatu padahal itu baik untuk mu, dan boleh jadi kalian menyukai sesuatu padahalitu jelek untuk mu. Allah maha tahu dan kalian tidak mengetahui" (QS. Al-Baqaarah 2:216)

Kedua,, Ridha bahwa Islam sebagai Agama. Diantara bentuk ridha terhadap Islam sebagai Agama adalah : Meyakini bahwa Islam adalah satu-satunya Agama yg dpaat membawa kita kepada keselamatan di dunia dan di akhirat. Firman Allah SWT "Dan barang siapa yang mencari Agama selain Islam maka agamanya tersebut akan di tolak, dan di akhirat kelak ia termasuk orang yang rugi" (QS.Ali Imran 3:85) Dan mengamalkan ajaran Islam dgn penuh keIkhlasan. Alah berfirman " padahalmereka hanya diperintah untuk menyembah Allah, dengan Ikhlas menaati-Nya semata-mata krena menjalankan agama, dan juga agar menjalankan sholat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar)". (QS. Al-Bayyinah 98:5) IKhlas berarti memurnikan amal karena Allah semata.

Ketiga,,, Ridha bahwa Muhammad sebagai Rasul-Nya, kita menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan untuk di contoh dalam kehidupan. Allah SWT berfirman " sungguh telah ada pada diri Rasulullah suri tauladan yang baik bagimu. Bagi orang yang berharap perjumpaan dengan Allah dan hari akhir da yang banyak inget kepada Allah"(QS.Al-Ahzab :21) Dan beramal atau beribadah sesuai dgn Sunnah-Nya. Tidak pantas kita mengada-adakan suatu ibadah yang tidak di contohkan oleh Rasulullah SAW. Beliau bersabda : " Barangsiapa yang benci kepada sunnahku, maka ia bukan golonganku" (muttafad'alaih).




8 komentar:

amcied said...

thank's artikel'y bos...
lumayan nih selain menambah iman utk referensi tugas besok,hehehe...
sukses trus ya bos....
di tgu kunjungan blik & follow balik'y....

narti said...

mencerahkan sekali artikelnya.
makasih sharingnya.

sda said...

dapat pencerahan disini, semoga esok lebih baik lagi.

mufied said...

Renungan sejenak sob !!!!

amrul said...

@for all... thanks yah kunjungan+koment nya and smoga bermanfaat tuk kita smua dan smoga kita dapat menjalankan perintah"-Nya dengan keikhlasan hati dan menjauhkan apa" yg di larang-Nya tuk mengharapkan keridhaan-Nya.. Amin..33x

Johnson Manurung said...

Artikelnya membuat hati ini tentram
thanks ya sobat atas pencerahannya

日月神教-任我行 said...

AV,無碼,a片免費看,自拍貼圖,伊莉,微風論壇,成人聊天室,成人電影,成人文學,成人貼圖區,成人網站,一葉情貼圖片區,色情漫畫,言情小說,情色論壇,臺灣情色網,色情影片,色情,成人影城,080視訊聊天室,a片,A漫,h漫,麗的色遊戲,同志色教館,AV女優,SEX,咆哮小老鼠,85cc免費影片,正妹牆,ut聊天室,豆豆聊天室,聊天室,情色小說,aio,成人,微風成人,做愛,成人貼圖,18成人,嘟嘟成人網,aio交友愛情館,情色文學,色情小說,色情網站,情色,A片下載,嘟嘟情人色網,成人影片,成人圖片,成人文章,成人小說,成人漫畫,視訊聊天室,性愛,色情,080苗栗人聊天室,免費a片,視訊美女

mine said...

buat penyegaran iman bro...

Post a Comment

thanks... comment nya yaaa/....