Thursday 14 January 2010

Hakikat Dunia

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ



زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاء وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ

الْمُقَنطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالأَنْعَامِ


وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللّهُ عِندَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

Artinya : " Dijadikan indah pada manusia kecintaan kepada apa-apa yang diinginkan, yaitu : wanita-wanita, anak-anak, harta yg banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (SYURGA)". (QS. Ali Imron ; 14)

Didalam isi bunyi ayat di atas tersebut Dunia yang kita tempati pada hari ini beserta isinya di ciptakan oleh Allah SWT untuk manusia sebagai tanda-tanda kebesaran-Nya dan juga sebagai bhaan renungan bagi kita.
KIta kadang kala terlena dengan keindahan dunia ini, padahal bila kita menyadari kehidupan dunia BUKANLAH KEHIDUPAN YANG SEBENARNYA. Dunia hanyalah tempat singgah kita sementara . kita diciptakan oleh Allah adalah untuk beribadah, sebagaimana Allah berfirman dalam surat Adz Dzariyat ayat :56

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

"Dan aku tidak menciptakan Jin dan Manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku".

Kita diciptakan oleh Allah hanya untuk beribadah. Walaupun dunia diciptakan untuk manusia dan makhluk-makhluk yang lainnya tetapi itu semua dijadikan sebagai penghantar untuk beribadah kepada-Nya.

Dan Rasulullah SAW mengisyaratkan juga bahwa DUNIA ini merupakan penjaranya bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa karena memang sifat dunia adalah menipu dan orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah mereka yakin akan janji Allah Yaitu SYURGA yang luasnya seluas langit dan bumi ini didalamnya terdapat keindahan yang tidak dapat digambarkan oleh mata kita.
Bila kita mengejar dunia aja maka dunia itu akan senantiasa menjauh dari diri kita sehingga kita tidak akan pernah merasa cukup dengan apa yang telah kita daptkan dan Allah jadikan dunia ini begitu indah di mata orang-orang kafir.
Maka di dalam kehidupan di dunia ini kita harus Seimbang untuk menggapai kebahagiaan dunia dan Akhirat.
"Berusahalah kalian seakan-akan engkau akan hidup seratus tahun lagi dan beribadahlah kalian seakan-akan engkau akan mati esok." (Al-Hadist)


3 komentar:

amcied said...

wah.. tahank's bngt sering'y....
sukses trus ya...

NURA said...

salam sobat
trims kunjungannya
alhamdulillah saya sekeluarga disana baik,,semoga sobat juga begitu ya,,
sip postingan hakekat dunia ini,
sebagai bahan renungan kita semua.
semoga kita menjadi orang2 yg beriman dan sebagai penghuni surga nantinya,,

amrul said...

@amcied trimaksih kembali udah berkunjung+coment
@Nura Amiin.. 99x
Alhmdulillah sehat juga sob..

Post a Comment

thanks... comment nya yaaa/....