Thursday 17 December 2009

KeIkhlasan Diri di Akhir Tahun Hijriah


Setiap hamba Allah memiliki kemampuan dan kemauan dalam beribadah yang berbeda-beda. Sedangkan nilai ibadah seorang hamba di hadapan Allah ditunjukkan dengan ikhlasnya dalam beramal. Tanpa keikhlasan takkan berarti apa-apa amal seorang hamba. Tidak akan ada nilainya di sisi Allah jika tidak ikhlas dalam beramal.

Ikhlas adalah buah dan intisari dari iman. Seorang tidak dianggap beragama dengan benar jika tidak ikhlas. Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. (Al-An’am: 162).

Ikhlas menurut istilah, Ikhlas berarti niat mengharap ridha Allah saja dalam beramal tanpa menyekutukan-Nya dengan yang lain. Memurnikan niatnya dari kotoran yang merusak hati.

Jadi Orang yang ikhlas adalah orang yang tidak menyertakan kepentingan pribadi ataupuan imbalan duniawi dari apa yang dapaat dia lakukan. Konsentrasi orang ikhlas hanya satu, yakni bagaimana agar apa yang dilakukannya diterima oleh Allah.

Dan ciri-ciri hamba ikhlas

  • Tidak mencari populartias dan tidak menonjolkan diri
  • Tidak rindu pujian dan tidak terkecoh pujian.

Pujian hanyalah sangkaan orang kepada kita, padahal kita sendiri yang tahu keadaan kita yang sebenarnya. Pujian adalah ujian Allah, hampir tidak pernah ada pujian yang sama persis dengan kondisi dan keadaan diri kita yang sebenarnya.

  • Tidak silau dan cinta jabatan
  • Tidak diperbudak imbalan dan balas budi
  • Tidak mudah kecewa, gelisah dan tak pernah bangga dgn keberhasilan, dan tak pernah merasa sedikitpun sedih bila mengalami kegagalan, sebab yg dicari hanyalah ridho Allah SWT.”Illahi anta maqsudi waridoka mathlubi”.
  • Tidak membedakan amal yang besar dan amal yang kecil
  • Ringan. Lahap dan nikmat dalam beramal
  • Tidak egis karena sellau mementingkan kepentingan bersama.
  • Tidak membeda-bedakan pergaulan.
  • Beramal karena Ikhsan, Lillah, Billah, Minallah, Ilallah.
  • Dan masih buanyak ciri-ciri hamba ikhlas

Ikhlas yang sesungguhnya memberikan rasa optimisme ke dalam diri setiap orang. Orang yang menjalani keikhlasan penuh tidak akan pernah merasa sedih, sakit, lelah, dan kecewa, karena semua yang dilakukan semata-mata karena Allah SWT. Karya dan pengabdian yang dilakukan bukan karena Allah SWT itulah yang sering menyedot energi batin seseorang... (Q.S. al- Taubah/9:40)

Yaa RABBII...
Kami bersyukur atas segala kemurahan dan kebaikan rahmat~MU di dalam kehidupan ini.Terangilah dan Sucikanlah hati kami, dan jadikanlah perbuatan kami dalam keikhlasan, dan indahkanlah kami dalam bersilaturahmi dan ridhailah jalan2 kami menuju kemuliaan~MU.Amin… 33x


Dan Mari kita berDo'a tuk mengakhir'n tahun Islam 1430 Hijriah menuju 1431 Hijriah Semoga Amal ibadah diRidha~Nya dan diberi ampunan. Dan di Tahun 1431 Hijriah ini kita di jauhkan dari segala malapetaka dan diberikan kemudahan tuk menjalankan perintah~NYA. Amin..33x

Dibaca 3X Bada Sholat Ashar Tgl 30 Dzulhijjah Atau 17 Desember 2009)

Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW,beserta para keluarga dan sahabatnya.
Ya Allah
Segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat,padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat.Karena itu ya Allah, saya mohon Ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu.

Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat YangMaha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan,semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang MahaPemurah.
Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad,keluarga dan sahabatnya.

Amin yaa rabbal 'alamin.




2 komentar:

NENSA MOON said...

Wah...keren postingannya Amrul...
Saya setuju sekali bahwa Hanya dengan keikhlasan maka segala amal perbuatan kita akan memiliki nilai di mata Allah.

Semoga kita termasuk golongan yang dicintai Allah...Amen!!

Rossy R said...

Amin

Post a Comment

thanks... comment nya yaaa/....