Wednesday 29 July 2009

Cara Buka Acc.Alert-PAY

AlertPay merupakan salah satu mata uang elektronik yang ada di dunia maya, walaupun masih tergolong pendatang baru, AlertPay ternyata mampu menarik minat para pedagang-pedagang internet untuk menggunakan jasa AlertPay sebagai alat pembayaran di dunia maya. AlertPay mirip dengan PayPal yang menggunakan nama email para nasabahnya sebagai pengganti no. rekening untuk nasabahnya.

Untuk anda yang ingin membuka rekening di AlertPay, dan anda masih bingung saya akan mencoba membantu anda step-by-step.

Syarat-syarat untuk membuat account AlerPay :
1. Berumur lebih dari 18 tahun
2. Memiliki e-mail
3. Memiliki Identitas diri, bisa dengan KTP, SIM, KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
4. Memiliki rekening atas nama sendiri, misal Rekening Listrik, Rekening Telepon, Tagihan kartu kredit, Tagihan Pajak, yang nantinya untuk verifikasi nama dan alamat.

Untuk syarat no. 3 dan no. 4 dapat dilakukan setelah anda mendaftar, dan tidak ada tenggat waktu yang ditentukan oleh AlertPay untuk anda untuk mengirimkan data-data tersebut. Untuk lebih jelasnya akan dibahas di bawah nanti pada bagian Verifikasi akun AlertPay.

Sekarang buka program browser anda dan masuk ke situs www.AlertPay.com. Maka akan tampil halaman muka, pilih Sign Up untuk membuat account, atau pilih Login khusus bagi anda telah membuat account/terdaftar. Jika belum pernah membuat account di AlertPay pilih Sign Up. Selanjutnya akan muncul pada browser halaman registrasi

Pada gambar di atas, pilih Indonesia pada menu pull down di form Choose your country, pada gambar di atas, sebenarnya ada tiga pilihan yang diberikan untuk kita, yaitu Personal Starter, Personal Pro dan Business tetapi untuk saat ini saya akan bahas pada Personal Starter dan anda dapat mengupgrade ke Personal Pro atau Business di kemudian hari, jika merasa perlu.

Karena itu pilih akun jenis Personal Starter dengan meng-klik tombol GET STARTED setelah itu akan muncul di layar browser yang menampilkan form.

Keterangan form :
First Name : isi dengan nama depan anda
Last Name : isi dengan nama anda tanpa nama depan anda
Phone : isi dengan nomor telepon atau nomor HP anda.
Address 1 : isi dengan alamat anda yang sesuai dengan ID (KTP/SIM/KTM)
Address 2 : optional, bisa di isi atau di kosongkan, di isi bila anda mempunyai alamat lain.
City/Town : isi nama kota anda sesuai dengan ID anda
Region : isi provinsi dimana anda tinggal sesuai dengan ID
Postal Code : isi dengan kode pos daerah anda

Cek kembali data-data tersebut, karena data-data tersebut sangat penting untuk anda di kemudian hari, karena sampai tulisan ini dibuat anggota AlertPay dari Indonesia, penarikannya hanya dapat dilakukan melalui cek yang nantinya dikirimkan ke alamat anda. Sebenarnya masih ada cara untuk mencairkan uang dari AlertPay dengan menggunakan pihak ketiga.

Jika data-data tersebut telah benar, tekanlah tombol NEXT

Terlihat pada gambar, halaman ini memberikan 8 form yang harus anda isi yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu :

1. Login

Data-data ini diisi untuk keperluan login anda ke dalam situs AlertPay untuk memanage saldo anda.

• Email Address : Isi dengan alamat email anda, contoh b...@yahoo.com, karena AlertPay tidak memiliki nomor Rekening untuk para nasabahnya, maka alamat email anda-lah yang menjadi pengganti identitas no rekening anda di AlertPay. Isi alamat email anda dengan benar, karena email anda diperlukan oleh AlertPay untuk verifikasi pendaftaran.

• Password : Isi kata sandi untuk akun anda, perhatian !!! jangan pernah mengisi isi kata sandi yang sama dengan kata sandi untuk email anda, jangan mengisi kata sandi sama dengan kata sandi pada akun mata uang lainnya (khusus bagi anda yang telah mempunyai akun di PayPal). Jangan isi dengan sesuatu yang mudah ditebak oleh orang lain, seperti no rumah, tanggal lahir, nama anak, angka kembar, angka berurut dan lain-lain. Isilah kata sandi yang susah ditebak orang lain dengan minimal 8 karakter yang merupakan kombinasi angka dan huruf.

• Re-enter Password : Isi sama dengan di atas Password
!!! Catat dan simpan data login ini ditempat aman !!!

2. Security Questions - Ini berfungsi sebagai pe-reset password, jika dikemudian anda lupa password untuk akun anda.

3. VERIFICATION & USER AGREEMENT

Isi sesuai dengan gambar yang tersedia, jangan lupa beri centang pada baris terakhir, yang menyatakan anda telah setuju atas peraturan yang ditetapkan oleh AlertPay. Periksa data-data tersebut dengan teliti, kalau perlu anda catat dan disimpan. Setelah anda periksa klik tombol Register untuk melanjutkan langkah selajutnya, atau Previous untuk mengedit data sebelumnya. Buka email anda, kemudian buka surat yang dikirimkan oleh AlertPay. Klik link yang terdapat di dalam email, yang kemudian mengarahkan anda ke halaman pendaftaran AlertPay selanjutnya.

Kemudian AlertPay akan meminta anda untuk membuat PIN Pengaman untuk transaksi, anda dapat menetapkan PIN unik ini. Ini berguna sebagai pengaman setiap anda akan melakukan transaksi. Jangan lupa untuk mencatat PIN ini ditempat yang aman. Selamat anda telah membuat akun pada AlertPay.

LOGIN AKUN ALERTPAY :

Sekarang coba anda cek akun anda dengan login di AlertPay, masuk ke halaman utama AlertPay, dan klik Login yang terdapat di atas kanan halaman utama AlertPay, isi Email sesuai dengan alamat email yang anda gunakan untuk mendaftar sebelumnya. Lalu isikan pula password-nya dan klik Login, maka halaman akan menampilkan detail tentang status, saldo dan keterangan finansial akun AlertPay anda

VERIFIKASI AKUN ALERTPAY

Perhatikan gambar di atas, kemungkinan jika anda baru mendaftar di AlertPay maka halaman yang akan tampil akan seperti gambar di atas. Perhatikan tulisan-tulisan yang saya lingkari. Pending Account Verification, ini maksudnya akun anda sementara masih dalam pemeriksaan dikarenakan anda belum melengkapi data-data yang dibutuhkan. Tetapi jangan khawatir langkah ini tidak harus anda lakukan hari itu juga. Anda dapat mengirimkan data-data tersebut dikemudian hari jika anda telah mempersiapkannya.

Dengan akun Unverified, sebenarnya anda telah dapat melakukan kegiatan mendaftar di program-program PTC atau sejenisnya. Tetapi saran saya segeralah anda mengirimkan data-data tersebut jika anda ingin mencairkan/mentransfer uang ke rekening AlertPay anda.

Untuk syarat no. 3 dan no. 4 seperti yang saya sebutkan di awal tulisan ini, silahkan scanner ID & rekening tersebut dan kirimkan ke AlertPay dengan cara upload. Ini dimaksudkan oleh AlertPay untuk mencegah kegiatan Money Loundry, dan nantinya jika anda melakukan penarikan uang dari AlertPay maka AlertPay akan mengirimkan Cek ke alamat rumah anda.

Data-data yang dibutuhkan :

1. ID berupa (KTP/SIM/KTM) cukup pilih salah satu ID yang anda punya.
2. No. Rekening/Tagihan, dapat dipakai rekening listrik, rekening telepon, tagihan kartu kredit, cukup pilih salah satu.

Untuk anda yang memiliki rekening tetapi bukan atas nama anda sendiri, anda dapat dengan mudah balik nama rekening atas nama anda, caranya bawa orang yang tertera dalam rekening ke kantor dan mintalah untuk dibalik namakan. Cukup satu (1) rekening saja yang dibutuhkan, misalnya anda ingin memakai rekening listrik atas nama orang orang tua anda sebagai verifikasi, maka bawa orang tua anda ke kantor PLN untuk balik nama rekening listrik ke nama anda. Atau pakai surat kuasa jika orang tua anda tidak sempat.

Bisa juga dengan tagihan telepon kartu HALO atau sejenisnya. Intinya Nama dan alamat anda pada no rekening harus sama dengan ID anda.

Setelah data-data tersebut komplit, scanner-lah data-data dengan format berwarna jangan hitam/putih. Jika anda belum mempunyai scanner, anda dapat meminta jasa rental yang ada scannernya, simpan file hasil scannernya dalam format JPG dan usahakan besar file tidak lebih besar dari 5 MB, intinya hasil scannernya dapat dengan mudah di baca oleh pihak AlertPay.

Saran saya file data jangan lebih besar dari 1 MB, tetapi jangan pula sampai tidak bisa di baca. Jika belum paham dalam pengolahan gambar, anda dapat meminta jasa teman atau rental untuk mengolah file hasil scanner data-data tersebut. Buat ukuran filenya sekecil mungkin dan gambarnya sejelas mungkin.

Mengirimkan data-data ke AlertPay :
Klik link Verified atau Check your verification status dan anda akan di arahkan kehalaman upload data.

Ada 2 langkah pengiriman ID, yaitu :

1. Pengiriman pertama adalah pengiriman ID anda. Pilih salah satu ID yang sesuai dengan dokumen yang telah anda siapkan, contoh pilih ID Country untuk mengirimkan data KTP, atau Drive’s Licence untuk SIM anda. Lalu pada bagian paling bawah halaman tekan tombol Browse dan pilih file yang berisi data KTP/SIM anda dan klik Upload, untuk mulai mengirim file. Tunggu sejenak sampai proses Upload selesai. Semakin besar file semakin lama proses Upload. Jangan memutuskan koneksi internet selagi proses Upload sedang berlangsung, jika proses Upload terputus, maka dapat dipastikan pengiriman gagal, dan anda harus mengulang pengiriman file tersebut.

2. Pengiriman kedua sama dengan langkah pengiriman pertama, pilih jenis rekening yang telah anda siapkan lalu kirim file tersebut.

Jika pengiriman file telah selesai, maka anda harus menunggu 10 hari masa kerja untuk diperiksa oleh AlertPay. Tetapi di tahap ini anda telah bisa memakai akun AlertPay untuk bertransaksi online. Tetapi jika di kemudian hari data-data anda di tolak oleh AlertPay maka anda harus mengulang mengirim data ke AlertPay lagi, lihat masalah apa yang menjadi data anda di tolak dari AlertPay!!! Biasanya file data hasil scannernya buram atau susah dibaca atau ID dan no. Rekening/Tagihan anda tidak cocok (beda nama/alamat).
Selamat mencoba......

0 komentar:

Post a Comment

thanks... comment nya yaaa/....